THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES ?

Kamis, 09 Oktober 2008

Tugas E-Tech/Cara Kerja Blog (Andreas-51006004)

Cara kerja dan prinsip dari blog sangatlah mudah. Blog adalah sebuah profile yang dimiliki oleh seseorang yang telah terdaftar dan telah memiliki account pada sebuah situs penyedia blog seperti www.blogger.com, www.wordpress.com, dll. Blog yang telah dibuat dapat diakses langsung melalui web browser sama seperti ketika akan mengakses sebuah situs sehingga dengan demikian cara kerja blog hampir sama dengan cara kerja website di mana sang pemilik dapat berbagi ilmu, informasi, multimedia, dll dengan para pengunjung yang mengakses blognya.

Untuk membuat sebuah blog sangatlah mudah, di mana kita hanya perlu memiliki sebuah email lalu setelah itu mengakses sebuah alamat situs penyedia blog, misalnya www.blogger.com. setelah berhasil masuk ke dalam situs tersebut maka kita harus mengikuti langkah - langkah yang tertera pada halaman index dari situs tersebut untuk dapat membuat sebuah blog baru. Jika berhasil maka kita hanya perlu untuk mengakses blog kita dengan mengetikkan nama blog yang telah kita tentukan sendiri pada web browser yang kita gunakan.

Untuk melakukan pengaturan blog yang kita miliki, kita hanya perlu untuk masuk kembali ke situs penyedia blog tempat kita pertama kali membuat blog (www.blogger.com). setelah berhasil masuk maka kita perlu untuk melakukan login dengan memasukkan alamat email dan password yang kita pakai untuk membuat blog pertama kali. Jika berhasil masuk, kita dapat melakukan segala hal yang kita inginkan untuk mempercantik blog kita, misalnya mengganti jenis dan warna huruf, memasang gambar/foto kita, pengaturan tata letak dan penempatan tulisan, mengganti tema blog, mengganti tag - tag HTML untuk melakukan pengaturan secara terperinci, dll.

Kita juga dapat membuat sebuah tulisan/artikel dengan cara melakukan posting melalui link posting yang telah disediakan oleh situs penyedia blog. Di dalam link posting tersebut, kita tinggal mengetikkan artikel yang kita ingin tampilkan pada blog kita. Caranya sangat mudah, hampir sama seperti mengirimkan email ke orang lain. Setelah selesai mengetik, maka kita tinggal membuat judul dan mengklik tombol terbitkan entri. Setelah semua langkah dilewati maka kita dapat mengecek artikel yang kita muat dengan cara mengakses blog kita dari web browser.

0 komentar: